Survei

Ratusan hingga ribuan kapal karam (shipwrecks) masa lalu ditengarai berada di wilayah Perairan Indonesia. Nilainya yang sangat tinggi sebagai warisan budaya bawah air (underwater cultural heritage) dan warisan bersama umat manusia (common heritage of mankind) telah dilindungi oleh hukum nasional (UU Cagar Budaya) dan internasional (UNCLOS 1982 dan Konvensi UNESCO 2001). Untuk itu, dibutuhkan tata kelola pelindungan dan pemanfaatan yang tepat agar dapat memberi manfaat bagi masyarakat luas.

>>> IKUTI SURVEI KAMI 

Kami melakukan Survei terhadap Komunitas Penyelam sebagai salah satu unsur pemangku kepentingan (stakeholder) sekaligus pemanfaat utama dari keberadaan Kapal Karam Bersejarah yang tersebar di Wilayah Perairan Indonesia.

Analisis terhadap nilai dan kepentingan yang dibawa oleh para penyelam dalam mengapresiasi situs kapal karam dapat membantu kami dalam merumuskan konsepsi tata kelola pelestarian kapal karam bersejarah sebagai warisan budaya bawah air.

Kami sangat menghargai privasi dan waktu Anda untuk berpartisipasi dalam survei yang hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit ini.